kb alami
kb alami

Tak bisa dipungkiri lagi jika pemberian ASI ini menjadi salah satu hal yang begitu dibutuhkan oleh sang buah hati. Tapi akankah anda sebagai ibu mengerti jika pemberian ASI ini juga menghadirkan kegunaan lainnya. Dimana bisa dijadikan sebagai kb alami.

Banyak dari mereka pasangan yang telah merencanakan kehamilan berusaha memberikan asi eksklusif untuk bisa menunda kehamilan. Pastinya cara yang satu ini juga lebih aman dilakukan oleh ibu hamil. Bahkan juga lebih bebas biaya dan terbilang praktis sekali.

Hanya saja ada berbagai macam persyaratan penting yang perlu dipenuhi supaya pemberian asi ini bisa menjadi kontrasepsi secara alami. Mungkin anda sebagai wanita merasa bingung bagaimana caranya bisa menempuh cara tersebut.

Image result for kb alami femometer

Menyusui ternyata bisa dijadikan sebagai kb alami hanya saja perlu memenuhi tiga kriteria penting. Inilah beragam kriteria penting yang perlu anda penuhi supaya asi bisa anda jadikan sebagai kb alami. Yakni:

1. Ibu belum alami menstruasi

Ada baiknya anda memastikan terlebih dahulu, mulai melahirkan sang ibu belum menstruasi kembali. Sebab jika ibu sudah mengalami menstruasi berarti ini menjadi suatu pertanda jika ia sudah memasuki masa suburnya. Dimana sang ibu kapan saja bisa hamil walaupun sedang menyusui. Apabila anda memang berencana menundanya, ada baiknya menggunakan kontrasepsi yang lainnya sesudah melahirkan.

2. Menyusui dengan ekslusif

Disini seorang ibu bisa memberikan asinya pada sang bayi kurang lebih 6 bulan lamanya. Dimana anda tidak diperbolehkan memberikan susu formula ataupun makanan tambahan yang lainnya. Dengan cara seperti ini, maka ibu pun bisa memproduksi asinya secara terus menerus dan mampu menghambat masa kesuburannya.

3. Usia bayi masih di bawah 6 bulan

Perlu anda ketahui jika ASI yang bisa dipergunakan sebagai kontrasepsi alami ini ketika sang bayi usianya masih di bawah 6 bulan. Sebab ketika usianya sudah menginjak 6 bulan ke atas pastinya bayi akan diberi sebuah makanan tambahan yang akan berdampak juga pada produksi asi maupun hormon ibu.

Dari beberapa kriteria ASI tersebut semoga saja bisa membantu anda untuk melakukan kb alami. Sehingga anda pun bisa mengontrol kehamilan tanpa harus menggunakan obat tertentu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here