nutrisi anak

Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan untuk memastikan si Kecil tumbuh dan berkembang dengan baik. Salah satu hal terpenting yaitu memastikan si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap dan tepat. Pasalnya nutrisi anak berperan penting dalam proses tumbuh kembang yang optimal. Jika si Kecil tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, maka proses pertumbuhan dan perkembangannya akan terganggu bahkan berlanjut hingga dewasa.

Anda pasti tidak ingin hal tersebut terjadi sehingga penting untuk memastikan si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup. Ada beberapa kebiasaan penting yang membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Lakukan secara disiplin agar si Kecil terbiasa dengan pola makan sehat.

Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan agar si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup dan seimbang:

nutrisi anak
Nutrisi anak
  • Biasakan Si Kecil untuk Sarapan

Sarapan merupakan kebiasaan yang sangat penting namun sering dilewatkan oleh orang dewasa. Agar si Kecil tidak pernah melewatkan sarapan, maka Anda harus membiasakannya sejak dini. Selain membantu membiasakan sarapan hingga dewasa, sarapan juga bisa membantu memenuhi kecukupan nutrisi si Kecil. Sediakan makanan dengan nutrisi yang dibutuhkan si Kecil untuk memulai harinya agar mereka bisa aktif, fokus, dan bersemangat.

  • Berikan Menu Makanan Sehat

Cara memenuhi kebutuhan nutrisi anak selanjutnya adalah memberikan menu makanan sehat. Ajari si Kecil pola makan sehat sejak dini agar mereka terbiasa hingga dewasa. Mulailah dengan memberikan makanan sehat seperti buah dan sayur. Selanjutnya Anda bisa mengenalkan makanan lain seperti ikan, daging sapi, sereal, ayam, susu, dan lain sebagainya. Jadilah contoh dengan menerapkan pola makan sehat agar si Kecil juga menerapkannya.

  • Tidak Masalah dengan Porsi Kecil

Memberikan makanan dalam porsi kecil sangat efektif untuk memenuhi kecukupan nutrisi, khususnya anak di usia 1-3 tahun. Hal tersebut lantaran nafsu makan si Kecil di usia tersebut biasanya mulai menurun. Berikan dalam porsi kecil saja agar si Kecil menghabiskan karena jika diberikan dalam porsi besar mereka sering tidak menghabiskannya. 

  • Berikan Camilan Sehat

Agar si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup, Anda bisa melengkapi makanan utama dengan camilan. Apalagi di usia pertumbuhan dan perkembangannya si Kecil biasanya sangat suka dengan camilan. Namun jangan sembarangan saat memilih camilan. Pilihlah camilan sehat yang mampu membantu melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Beberapa camilan yang bisa diberikan seperti buah apel, roti isi tuna, yogurt, dan lain sebagainya. Camilan ini bisa diberikan di sela-sela jam makan namun jangan terlalu berdekatan agar si Kecil tidak merasa kenyang sebelum makan.

  • Biarkan Si Kecil Memilih Makanannya

Anak di usia tumbuh kembang memang cenderung tidak menyukai beberapa jenis makanan dan hanya menyukai makanan tertentu. Biarkan si Kecil memilih makanan yang dia sukai terlebih dahulu. Perkenalkan makanan baru secara bertahap, misalnya dengan mencampurkan makanan baru dengan makanan yang dia sukai.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Jangan lupa memaksimalkan pemberian nutrisi dengan stimulasi yang tepat sesuai kemampuan yang ingin dikembangkan. Jika membutuhkan saran mengenai nutrisi yang tepat bagi si Kecil, Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli nutrisi.

Sedangkan Anda para ahli nutrisi dan pediatri yang ingin mengembangkan ilmu dan mendapatkan informasi penting bisa bergabung dengan Nutricia Professional. Nutricia Professional sendiri adalah platform untuk para tenaga kesehatan yang ingin belajar dan berkembang. Misi yang dimiliki yaitu ingin memberikan kontribusi untuk kesehatan di Indonesia. Penasaran dengan Nutricia Professional? Langsung kunjungi website nutriciaprofessional.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here