Input ASI
Input ASI

ASI atau Air Susu Ibu merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi yang baru lahir hingga mereka berusia 6 bulan. Setelah 6 bulan, bayi masih membutuhkan ASI namun harus didampingi dengan MPASI atau Makanan Pendamping ASI. Pemberian input ASI direkomendasikan hingga bayi berusia sekitar 2 tahun. Alasan utama mengapa ASI sangat direkomendasikan yaitu karena berbagai manfaat yang dihadirkan sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan. Adapun manfaat ASI sendiri yaitu sebagai berikut:

Membantu Perkembangan Otak

Manfaat ASI yang pertama yaitu membantu perkembangan otak anak. Karena hal tersebut, tidak heran apabila ASI direkomendasikan hingga Si Kecil berusia 2 tahun. Apabila Anda memberikan ASI secara rutin, Si Kecil bisa memiliki perkembangan otak yang lebih optimal. Selain itu, mereka biasanya juga memiliki kemampuan memori yang baik. Optimalkan pemberian makanan pendamping ASI agar perkembangan otak Si Kecil semakin baik.

Input ASI

Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan bayi biasanya mudah naik ataupun turun. Ada bayi yang memiliki berat badan di atas ideal, namun ada juga bayi yang memiliki berat badan di bawah ideal. Memberikan ASI secara eksklusif hingga Si Kecil berusia 6 bulan bisa membantu mereka mendapatkan berat badan ideal. Pasalnya minuman sehat ini mengandung banyak zat penting yang membantu mengoptimalkan berat badan ideal.

Baik untuk Sistem Pencernaan

Manfaat input ASI selanjutnya yaitu berhubungan dengan sistem pencernaan Si Kecil. Memberikan ASI secara rutin ternyata bisa membantu mencegah penyakit pencernaan seperti diare atau konstipasi. Pasalnya ASI dianggap lebih aman sehingga tidak menimbulkan masalah pencernaan. Kandungan nutrisi di dalam ASI ternyata juga bisa mencegah terjadinya stunting atau gangguan pertumbuhan. 

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

ASI merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi yang baru lahir hingga mereka berusia 6 bulan. Selanjutnya ASI bisa menjadi sumber nutrisi terbaik untuk mereka. ASI menjadi sumber nutrisi terbaik karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya lengkap. Beberapa kandungan ASI yaitu protein, vitamin A, karbohidrat, lemak, mineral, dan vitamin lain nya.

Mengandung Kolostrum

Selain kandungannya yang lengkap, ASI menjadi sumber nutrisi terbaik karena mengandung kolostrum. Kolostrum sendiri merupakan jenis nutrisi yang hanya terkandung dalam ASI saja. Biasanya ASI pertama yang mengandung kolostrum ini. Di dalam kolostrum terkandung banyak kandungan penting lain seperti mineral, vitamin, anti oksidan, sel darah putih, dan anti bodi.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin yang tinggi dalam ASI bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil. Jika daya tahan tubuh Si Kecil baik maka mereka tidak akan mudah sakit atau mengalami gangguan kesehatan. Bayi yang mengkonsumsi ASI secara cukup biasanya juga memiliki sistem kekebalan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mendapatkannya.

Perlindungan Terhadap Infeksi

Kolostrum dalam ASI mengandung antibodi sehingga bisa meminimalisir risiko infeksi pada Si Kecil. Biasanya bayi mudah terkena infeksi seperti infeksi telinga, saluran pernapasan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, selalu berikan ASI sesuai dengan anjuran dari para ahli.

Itulah beberapa manfaat input ASI yang perlu Anda ketahui. Berikan ASI secara eksklusif hingga Si Kecil berusia 6 bulan, kemudian lanjutkan hingga mereka berusia 2 tahun dengan didampingi makanan lainnya. Jika Anda adalah profesional di bidang pediatri dan nutrisi anak, bergabunglah dengan Nutricia Professional. Platform tersebut bisa membantu Anda untuk berkembang karena berisi banyak ilmu dan pengetahuan baru di bidang pediatri dan nutrisi anak. Untuk mengakses platform tersebut, Anda bisa mengunjungi website www.nutriciaprofessional.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here