bayar tagihan listrik

Listrik menjadi salah satu kebutuhan utama bagi semua orang. Tanpa adanya listrik di rumah, Anda tidak bisa melakukan beberapa aktivitas penting. Sebagai contoh yaitu bekerja menggunakan komputer, memasak menggunakan penanak nasi, menyalakan lemari es, mesin cuci, dan lain sebagainya. Hampir semua aktivitas di rumah membutuhkan listrik. Jika ingin selalu mendapatkan layanan listrik, Anda wajib bayar tagihan listrik tepat waktu. Berikut selengkapnya alasan mengapa Anda wajib bayar listrik tepat waktu:

Menghindari Denda

Pembayaran tagihan listrik harus dilakukan sebelum tanggal 20 setiap bulannya. Memang sudah ada ketetapan tersebut dari pihak PLN, namun masih banyak saja yang melalaikannya. Untuk menertibkan pengguna, akhirnya pihak PLN menerapkan denda keterlambatan.

bayar tagihan listrik
bayar tagihan listrik

Jika membayar tagihan melebihi tanggal 20 setiap bulannya, Anda harus membayar denda. Besar denda bisa berbeda-beda menurut batas daya dan jumlah bulan. Semakin lama Anda lupa bayar listrik maka semakin besar denda yang harus dibayar.

Menghindari Pemutusan Listrik Sementara

Selain denda keterlambatan, pihak PLN juga menerapkan sanksi lainnya pada pengguna berupa pemutusan listrik sementara. Jika denda tidak berarti, maka pemutusan listrik ini akan sangat memengaruhi kehidupan. Pasalnya listrik merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa digantikan.

Pada bulan pertama, pihak PLN hanya akan memutus listrik melalui MCB atau Miniature Circuit Breaker. Listrik tidak akan menyala, namun jika sudah dilunasi listrik akan menyala kembali.

Pada bulan kedua, sanksi yang akan Anda dapatkan lebih berat dibandingkan bulan pertama. Listrik akan diputus bersamaan dengan pembongkaran APP atau Alat Pengukur dan Pembatas. Anda harus segera melunasi tagihan jika tidak ingin diputus permanen.

Menghindari Pemutusan Listrik Permanen

Tiga bulan adalah jangka waktu yang diberikan PLN untuk melunasi tunggakan. Jika tetap tidak membayar dalam jangka waktu tersebut, listrik akan diputus secara permanen dan nama Anda akan dicoret dalam daftar pelanggan. Anda bisa mendapatkan layanan listrik kembali apabila membayar tunggakan dan memasang baru. Tentu saja biayanya tersebut akan sangat mahal.

Bayar Tagihan Listrik Mudah di Bank Sinarmas

Bank Sinarmas merupakan bank yang menyediakan beragam layanan memudahkan. Salah satu layanan yang bisa Anda rasakan adalah Simas Bill Payment. Melalui layanan tersebut, Anda bisa melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat, termasuk pembayaran tagihan listrik. 

Ada beberapa channel pembayaran yang bisa dipilih yaitu mesin ATM, internet banking, mobile banking, teller, dan auto debet. Di antara beberapa channel pembayaran tersebut, pembayaran paling mudah yaitu menggunakan mobile banking.

Mobile banking dari Bank Sinarmas disebut dengan SimobiPlus. Sebelum melakukan pembayaran, pastikan Anda sudah memiliki SimobiPlus dan registrasi. Jika sudah memilikinya, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi SimobiPlus dari smartphone.
  2. Pilih menu “Bayar Tagihan Listrik”.
  3. Ada tiga jenis tagihan yaitu PLN Prepaid, Postpaid, dan Tagihan Non Listrik. Pilih salah satu tagihan sesuai dengan kebutuhan Anda yaitu PLN Prepaid.
  4. Masukan nomor ID pelanggan atau nomor meter.
  5. Pilih rekening sumber dana untuk membayar tagihan.
  6. Masukkan nominal pembayaran.
  7. Akan ada halaman konfirmasi. Cek halaman konfirmasi tersebut apakah sudah betul atau belum. Jika ada kesalahan, Anda bisa kembali dan membenarkannya.
  8. Jika sudah benar, klik OK dan masukkan EasyPIN.
  9. Selesai. Anda bisa mendapatkan konfirmasi pembayaran.

Bayar tagihan listrik tepat waktu bisa menghindari denda dan juga pemutusan listrik. Adanya Bank Sinarmas akan membantu Anda menyelesaikan masalah tersebut. Setiap transaksi pembayaran dikenakan biaya Rp 3.000. Sangat terjangkau dibandingkan hidup tanpa listrik. Lebih lengkap mengenai layanan Bank Sinarmas dapat Anda lihat di www.banksinarmas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here