Perhiasan Tradisional
Perhiasan Tradisional

Indonesia memiliki banyak warisan budaya, termasuk perhiasan. Perhiasan tradisional ini pun biasa digunakan di hari-hari spesial seperti pernikahan yang mengusung tema adat. Anda salah satu penggemar perhiasan etnik dan hendak menggunakannya di hari istimewa Anda? Itu adalah pilihan yang tepat karena tampilan Anda di hari pernikahan akan semakin unik dan sangat bergaya nusantara. Simak tips berikut ini untuk memaksimalkan tampilan adat di pernikahan Anda nanti!

1. Rencanakan pembelian dari jauh hari

Untuk perencanaan yang matang, Anda perlu mempersiapkan konsep busana dan tata rias yang akan dikenakan di hari pernikahan. Hal ini membantu Anda agar lebih mudah mencari perhiasan yang serasi untuk dikenakan. Pembelian juga ada baiknya dilakukan jauh hari enam bulan sebelum pernikahan misalnya, agar Anda memiliki  cukup waktu untuk menyesuaikan gaya busana dan tata rambut di hari pernikahan.

Perhiasan Tradisional
                                 Perhiasan Tradisional

2. Pilih model yang unik dan sebisa mungkin dapat dipakai setelah pernikahan

Pilihlah perhiasan tradisional yang benar-benar menyimbolkan budaya nusantara namun dengan desain yang modern. Hal ini bertujuan agar perhiasan yang Anda kenakan di hari pernikahan dapat Anda gunakan kembali misalnya untuk menghadiri acara-acara formal atau untuk tampilan sehari-hari  yang mengarah pada gaya etnis nusantara.

3. Perhatikan keselarasan penampilan

Hal selanjutnya yang penting dilakukan ketika memilih perhiasan adalah memperhatikan keselarasan penampilan Anda di hari pernikahan nanti. Misalnya, jika tata rambut Anda di hari pernikahan terurai, maka pilihlah anting yang modelnya menjuntai. Atau jika rambut Anda akan di sasak atau di sanggul sebaiknya pilih perhiasan seperti giwang pendek agar lebih terlihat elegan.

4. Tentukan ukuran yang pas

Ketika memilih, pastikan Anda telah mengukur panjang kalung yang akan cocok dikenakan dengan model gaun atau kebaya yang akan dikenakan nanti di acara pernikahan. Pastikan juga ukuran gelang dan ukuran jari-jari Anda untuk mendapatkan gelang dan cincin yang tepat. Dengan cara ini Anda tidak perlu lagi membuang waktu untuk mengubah ukuran perhiasan yang tidak pas.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda ikuti ketika memilih perhiasan tradisional yang akan Anda kenakan di hari pernikahan Anda. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here